Untitled Entry - Read Full Article

STUDENT EXCHANGE PROGRAM SEBAGAI

BENTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KARAKTER MAHASISWA

Merinda Hasna L. Dewi, Wulan Yunita Istianila D. Triadi dan Anny Mukminati

ABSTRAK

 

Karya tulis ini menganalisa hubungan antara student exchange program dan manfaat dari student exchange program dalam meningkatkan kualitas karakter mahasiswa. Adapun tujuan dari penulisan adalah: Pertama, mengetahui bahwa student exchange program merupakan salah satu bentuk pendidikan multikultural yang efektif. Kedua, mengetahui peran student exchange program dalam meningkatkan kualitas karakter mahasiswa. Ketiga, membandingkan kualitas karakter mahasiswa antara yang mengikuti student exchange program dan yang tidak. Metode penulisan yang digunakan dalam karya tulis ini menggunakan teknik studi pustaka dan teknik wawancara terhadap narasumber terkait. Data dalam karya tulis ini dianalisis dengan mengolah hasil wawancara dan kemudian disimpulkan dalam fakta dan gagasan.

 

Dapat disimpulkan bahwa student exchange program adalah bentuk pendidikan multikultural yang efektif, mampu membentuk karakter mahasiswa yang unggul, dan perbedaan kualitas karakter antara mahasiswa yang sudah mengikuti student exchange program dengan yang belum cukup signifikan. Mengingat manfaat yang diberikan tidak sedikit, penulis menyarankan instansi pendidikan terkait untuk menambah dan memperluas kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengikuti student exchange program.

 

Kata kunci: Student exchange program, pendidikan multikultural, karakter mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>