Bahasa Asing: Tuntutan Dunia Global

Bahasa asing sangatlah penting bagi mahasiswa. Dari jurusan atau program studi manapun mahasiswa harus menguasai atau paling tidak, mengenal minimal satu bahasa asing. Hal ini dikarenakan tuntutan zaman yang semakin membutuhkan kompetensi bebahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Entah dalam hal syarat beasiswa, dalam tes, dan yang paling penting adalah dalam hal pencarian pekerjaan. Seseorang yang tidak menguasai bahasa asing akan mengalami kesulitan dalam kehidupan yang serba global ini.

Berawal dari pentingnya bahasa asing tersebut, mahasiswa hendaknya memanfaatkan peluang untuk mengadakan atau jika tidak, mengikuti kegiatan atau komunitas yang bersangkutan dengan pembelajaran bahasa asing. Sebagai contoh, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS sudah ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mengadakan sebuah program untuk pembelajaran bahasa-bahasa asing. Yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Korea, dan Bahasa Jepang. Dari program ini, diharapkan mahasiswa dapat mengikuti tiap pertemuannya yang berisi ilmu-ilmu berbahasa asing beserta kebudayaannya. Dengan melebihkan porsi Bahasa Inggris dalam materi yang disampaikan, diharapkan mahasiswa dapat memahami seluk beluk grammar, text types, speaking, listening, dan dapat menerapkannya baik dalam tes maupun dalam kehidupan sehari-hari, karena memang kompetensi Bahasa Inggris lah yang sampai saat ini benar-benar dibutuhkan di segala bidang.

Pelaksanaan program penguasaan bahasa asing hendaknya dapat memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa. Untuk mencapai target penguasaan bahasa tersebut, kegiatan harus disusun semenarik mungkin untuk menimbulkan minat para mahasiswa selama mengikuti program. Bahasa asing diajarkan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan sehingga dapat membuat kesan yang kuat untuk mendalaminya dengan perasaan riang dan antusias.

Artikel ini pernah dimuat di JOGLOSEMAR (edisi antara 11/16 Agustus 2011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>