BAKTI SOSIAL “LSP CERIA” EDUCATION FAIR LSP 2013

Grand Opening Bakti Sosial (GO BAKSOS LSP CERIA) Lingkar Studi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2013 di Aula Gedung A FKIP UNS. Grand Opening ini merupakan bagian dari serangkaian acara Education Fair LSP, bersama ketiga acara yang lainnya yaitu LKTI/Esai, Speech Contest, dan seminar pendidikan yang bertajuk International Gathering.

Bakti Sosial yang diberi nama LSP CERIA ini merupakan sebuah agenda LSP yang berbentuk pengabdian kepada masyarakat, secara khusus lagi pengabdian tersebut dilakukan dalam bentuk mengajar adik-adik TPA, Letak dari TPA itu sendiri yaitu di TPA At-Tiin, samping Taman Makam Pahlawan depan  Jurug. Untuk Grand Opening yang dimaksud dalam hal ini ialah acara peresmian TPA At-Tiin resmi dikelola oleh LSP. Sesuai dengan temanya “ Bergerak Satu Langkah Menuju Indonesia Cerdas” , tujuan dari diselenggarakan acara ini adalah sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian masyarakat, membimbing anak usia dini dalam belajar ilmu pengetahuan umum dan agama, serta mengasah kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap masalah di masyarakat.

Pada acara ini mengundang Pembina LSP, Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum untuk meresmikan acara Bakti Sosial sekaligus membuka serangkaian acara Education Fair LSP FKIP UNS yang ditandai dengan dipukulnya Gong sebanyak tiga kali.

CIMG1837

Setelah acara peresmian, acara selanjutnya ialah pemutaran dokumentasi kegiatan TPA. Jadi, meskipun hari itu adalah hari awal sebagai tanda diresmikannya TPA (LSP CERIA) namun, sebenarnya kegiatan tersebut telah berjalan terlebih dahulu selama tiga bulan lamanya. Memang hal ini awalnya berada di luar dugaan, namun agaknya justru hal ini menjadi salah satu poin lebih, karena kegiatan tersebut dabat berjalan dengan lancar terlebih dahulu, bahkan sebelum pembukaan/peresmian dilakukan. Pemutaran dokumentasi video dilakukan selama kurang lebih tiga menit, video tersebut berisi penggabungan foto-foto kegiatan yang dilakukan adik-adik, mulai dari belajar hafalan surat-surat pendek, doa-doa harian, praktik sholat berjamaah, dan mengaji iqro’. Selain kegiatan rutin yang telah disebutkan tadi,ada juga momen ketika pembagian buku-buku secara gratis kepada adik-adik, pembagian buku dilakukan  dengan tujuan agar adik-adik lebih semangat dan semakin semangat dalam mengaji, selain pembagian buku, di film dokumentasi tersebut terdapat moment ketika adik-adik TPA kami mengikuti lomba TPA se-Solo Raya di Masjid Nurul Huda dan alhamdulillah mendapatan juara III untuk kategori lomba kaligrafi. Mudah-mudahan prestasi yang didapatkan dapat memotivasi adik-adik yang lain untuk berprestasi.

Setelah pemutaran dokumantasi kegiatan TPA, acara selanjutnya adalah penyampaian materi oleh oleh seorang pembicara yang sudah tidak asing lagi, Beliau adalah Ustadz Muhammad Nasyir dari TK Lazuardi Kamila – seorang guru ngaji sekaligus kepala sekolah TK Lazuardi Kamila, Beliau adalah pakarnya tentang kegiatan TPA dan sudah banyak makan asam garam bahkan hingga tingkat Nasional.

CIMG1899

Penyampaian materi berlangsung selama 1 jam 30 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta yang merupakan tamu undangan dari HMP, HMJ dan UKM di FKIP UNS. Penyampaian materi yang dikemas dengan cukup menarik membuat antusiasme bertanya dari para peserta cukup besar. Penyampaian materi dimulai pukul 09.50 dan berakhir pada pukul 11.20 kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan hingga pukul 12.00.CIMG1936

 

Setelah itu, ada sedikit tambahan presentasi dari UNS Mengabdi yang disampaikan oleh Saudara Dwi Prasetyo yang intinya ingin mengajak teman-teman HMP, HMJ dan UKM untuk bergabung bersama UNS Mengabdi, bersama-sama mewujudkan UNS yang benar-benar terjun ke masyarakat untuk mengabdi.

CIMG1938

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>