Untitled Entry - Read Full Article

ABSTRAKSI

Siti Z, Dian A, dan Indri D,2011,“CHEMLAB, THE NEW RULE OF TEACHING INOVATION( SuatuKajianMengenaiPemanfaatanLaboratorium Kimia Virtual Tingkat SMA di JemberdalamRangkaPenciptaanKemudahanbagiPendidikdanPeningkatanKualitaspadaPesertaDidik)

Kata Kunci    :Pendidikan, Laboratorium kimia virtual, ChemLab

Pada dekade sekarang ini dimana hampir semua aset manusia seperti ekonomi, sosial, dan kesehatan serta  tidak terkecuali bidang pendidikan sudah bersentuhan dengan canggihnya teknologi informasi. Perkembangannya yang pesat membuat seluruh elemen manusia tidak lepas dari teknologi. Penggunaan IT di bidang pendidikan sudah tidak diragukan lagi. Berangkat dari permasalahan laboratorium yang memiliki banyak kekurangan, para pakar IT serta insan pendidikan mulai memperkenalkan laboratorium virtual yang  merupakan laboratorium dengan aplikasi suatu software sehingga pengguna tidak bersentuhan langsung dengan komponen laboratorium sebenarnya. Salah satu aplikasi software pada laboratorium virtual yang banyak digunakan adalah ChemLab. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan dalam bidang kimia. Chemlab menawarkan simulasi laboratorium kimia yang menarik dan seakan praktikan berada langsung pada laboratorium tersebut. Selain simulasi praktikum, aplikasi ini juga terdapat RasMol molekuler dan kuis tabel periodik yang disusun secara inovatif sehingga dapat merangsang penggunaa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

Untuk mengetahui penggunaan Chemlab sebagai aplikasi dalam laboratorium kimia virtual, dilakukan penelitian di empat SMA dan sederajat di jember dengan cara menyebar beberapa pertanyaan berupa kuisioner pada perwakilan peserta didik dan pendidik di keempat sekolah tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa keempat sekolah telah memiliki laboratorium kimia yang cukup baik. Tetapi masih banyak pendidik dan peserta didik yang merasa belum puas dengan keadaan laboratorium mereka. Hal ini karena kurang memadainya alat-alat dan bahan kimia yang digunakan. ChemLab sebagai aplikasi dalam laboratorium kimia virtual belum diterapkan pada keempat sekolah sampel. Ini disebabkan ketidaktahuan pendidik dan peserta didik akan laboratorium virtual dan ChemLab sehingga mereka tidak dapat menjelaskan efektivitas penggunaan ChemLab sebagai aplikasi laboratorium kimia virtual sebagai media pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>