Diklat Anggota LSP FKIP UNS 2014 “Begin The Adventure with Pleasure of Nature”

Dua minggu yang lalu Lingkar Studi Pendidikan (LSP) FKIP UNS kembali menorehkan tinta dalam catatan sejarahnya; Diklat Anggota LSP. Diklat Anggota LSP 2014 yang dilaksanakan pada 19-20 April 2014 bertempat di Sekolah Alam Bengawan Solo (SABS), Klaten merupakan titik tolak bagi anggota LSP untuk memulai safari keilmuannya bersama LSP dalam satu tahun kedepan. Dengan tema “Begin The Adventure with Pleasure of Nature”, 44 peserta dari berbagai macam program studi di FKIP UNS diajak untuk mempelajari hal-hal kecil yang memiliki nilai tinggi dalam kehidupan manusia melalui keindahan dan kesederhanaan alam sehingga peserta dapat menumbuhkan kesadaran kritis akan pentingnya menjaga kelestarian alam.
Bermula pada pagi hari yang cukup cerah bertepatan pada hari Sabtu, 19 April 2014, peserta bersama panitia melakukan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam. Setibanya di lokasi, pemandangan menyejukkan mata berupa saung-saung dan pepohonan hijau dilengkapi dengan suara gemericik air dari sang bengawan yang terletak tepat disamping lokasi, membuat peserta sejenak terkesima akan indahnya harmonisasi alam ini. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan yang menandakan telah ditabuhnya gong pembuka acara Diklat Anggota LSP 2014. Dan, dimulailah sesi materi. Dalam Diklat anggota kali ini, panitia menyajikan beberapa materi dasar mengenai ke-LSP-an dan Kepenulisan. Dengan demikian, sangat diharapkan agar nilai-nilai dan karakter yang menjadi keunggulan LSP dapat ditransmisikan kepada anggota. Tidak hanya materi yang bersifat teoritis, namun anggota juga diikutsertakan dalam praktek langsung melalui sesi free writing. Tak ketinggalan pula, sesi motivasi bersama Bapak Indrawan Ye Pe menambah romantika senja di hari pertama Diklat Anggota. Memasuki malam hari, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditugaskan untuk mempersiapkan pertunjukkan. Setelah mengorek dan menggali semua ide yang ada di otaknya, peserta mempersembahkan berbagai macam pertunjukan sesuai dengan kesepakatan kelompoknya.
Hari telah berganti menjadi Minggu. 20 April 2014. Inilah saatnya menguji kekompakan dan kerja sama anggota dalam memecahkan masalah. Dengan sebuah konsep outbond, peserta disuguhkan berbagai macam permasalahan yang dikonversikan dalam beberapa games. Dari outbond inilah rasa kekeluargaan dan sense of belonging sesama anggota ditumbuhkan.
Matahari mulai tinggi, dan tibalah dipenghujung acara diklat anggota LSP 2014, yakni penutupan. Diawali dengan penyampaian pesan dan kesan dari para peserta, rewarding dan pelantikan anggota, selanjutnya acara ditutup dengan penuh khidmat.
Melalui rangkaian acara Diklat Anggota LSP 2014 lalu, sangat diharapkan agar anggota memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk menuangkan segala ide ide cemerlangnya baik dalam menanggapi permasalahan yang ada maupun menemukan inovasi untuk mengabdi pada masyarakat.
Salam akademis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>