Untitled Entry - Read Full Article

GERBONG ILMU :

SEBUAH INOVASI GERBONG KERETA API  BEKAS

SEBAGAI RUMAH SINGGAH ANAK JALANAN DI PURWOKERTO

ABSTRAK

Sebuah ruang publik di Purwokerto berpotensi untuk dimanfaatkan menjadi rumah singgah bagi anak jalanan. Ruang publik tersebut cukup familiar bagi anak jalanan, yaitu gerbong kereta api bekas. Gerbong kereta api bekas yang hendak dimanfaatkan sebagai rumah singgah merupakan gerbong kereta api yang sudah rusak dan tidak terpakai oleh PT Kereta Api Indonesia di lingkup Stasiun Kereta Api Purwokerto. Padahal, Anak-anak jalanan yang berada di Purwokerto biasa bermukim di sekitar bekas gerbong tersebut. Mereka tidur, bermain, dan melakukan aktivitas sehari-hari mereka di sana. Berdasarkan realita sosial tersebut, dapat dipahami bahwa anak jalanan di Purwokerto membutuhkan sebuah ruang yang mampu membentuk anak jalanan penuh karakter kearifan lokal, berpotensi memberikan peluang bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak, dan berperspektif kemandirian masa depan bagi anak jalanan. Memperhatikan fakta tersebut, penulis menawarkan Gerbong Ilmu yakni sebuah inovasi gerbong kereta api bekas sebagai rumah singgah anak jalanan di Purwokerto.

Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang diangkat dalam karya tulis ini yaitu (1) apa sajakah potensi pemanfaatan gerbong kereta api bekas menjadi rumah singgah anak jalanan?, serta (2) bagaimanakah strategi pengembangan Gerbong Ilmu?

Tujuan karya tulis ini adalah untuk menguraikan potensi pemanfaatan bekas gerbong kereta api menjadi rumah singgah anak jalanan. Melalui analisis potensi tersebut, dapat dirumuskan model strategi pengembangan Gerbong Ilmu.

Data dan sumber data yang digunakan dalam karya tulis ini terdiri atas data primer dan sekunder. Data primer meliputi buku-buku yang relevan dengan topik penulisan, karya ilmiah, artikel dari internet, dan hasil penelitian. Adapun data sekunder meliputi data dokumentasi foto dan hasil wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif yang digunakan adalah analisis fenomenologis berupa fenomena proses sosial dan interaksi sosial yang terjadi sepanjang rentang waktu pengambilan data.

Analisis dan sintesis dalam karya tulis ini membahas mengenai model inovasi gerbong kereta api bekas untuk dimanfaatkan sebagai rumah singgah yang kreatif dan atraktif. Ada tiga hal utama yang dapat lakukan dalam pengembangan Gerbong Ilmu sebagai rumah singgah anak jalanan, yakni identifikasi  potensi pemanfaatan gerbong ilmu, perumusan strategi pengembangan, dan analisis dampak positif dan negatif dari pengembangan tersebut. Beberapa potensi pemanfaatan gerbong ilmu yang bisa dimanfaatkan antara lain dengan membuat gerbong jurusan yang terdiri atas Gerbong Pintar, Gerbong Satria, dan Program Mulia (Pengembangan Kepribadian). Strategi pengembangan Gerbong Ilmu sebagai inovasi gerbong kereta api bekas di Purwokerto yang meliputi: (1) penciptaan label yang didasarkan pada karakteristik pendidikan bagi anak jalanan,  (2) perintisan visi, misi, the brand of soul, the brand of positioning, dan the brand of personality Gerbong Ilmu, (3) pengidentifikasian faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) Gerbong Ilmu, dan (4) perumusan alternatif strategi pengembangan hasil analisis SWOT dikaitkan dengan bauran promosi Gerbong Ilmu.

Karya tulis ini dapat direkomendasikan sebagai data awal, pengelola perlu melakukan kajian lebih mendalam untuk menentukan bobot (kadar kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) masing-masing faktor internal dan faktor eksternal melalui kerja sama memanfaatkan kesempatan corporate social responsibility (CSR) dari pihak Pemkab Banyumas, berbagai instansi negara, dan pihak swasta.

 

 

Kata kunci: kondisi gerbong kereta api bekas, rumah singgah, kondisi anak jalanan di Purwokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>