GRAND OPENING SEKOLAH MENULIS DAN MULTI LANGUAGE AND CULTURE (MLC)

Mahasiswa adalah kaum intelektual yang dipersiapkan untuk menempati ruang-ruang srategis dalam pergantian generasi. Mahasiswa sebagai agent of change tentunya sangat dinantikan prestasi dan kontribusinya baik oleh citivitas academia maupun oleh masyarakat. Organisasi merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengasah dan mengaktualisasikan potensi mahasiswa.

 

Lingkar Studi Pendidikan (LSP) merupakan sebuah lembaga yang fokus bergerak di bidang keilmiahan. Selain untuk mengembangkan potensi dalam bidang keilmiahan, LSP mempunyai peran penting lainnya yaitu mengembangkan potensi dalam berbahasa. Potensi dalam berbahasa yang urgent saat ini adalah berbahasa inggris. Hal ini karena Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan dalam lingkup internasional.

Untuk menjalankan kedua peran penting tersebut, LSP mengadakan serangkaian kegiatan menulis dan berbahasa. Kegiatan menulis ini mempunyai wadah yang bernama Sekolah Menulis. Sedangkan kegiatan berbahasa diwadahi dalam Multi Language and Culture (MLC).

Kedua kegiatan tersebut ditujukan untuk anggota LSP. Peserta kedua kegiatan tersebut adalah mahasiswa FKIP UNS yang mendaftarkan diri. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan Grand Opening Sekolah Menulis dan Multi Language and Culture (MLC) yang mengusung tema Scince, Language, and Culture in Unity.

Kegiatan pembukaan tersebut dilaksanakan pada Jum’at, 6 April 2012 di Aula Gedung C FKIP UNS. Pada kesempatan tersebut, Bapak Rokhmadi, M.Hum selaku Tim UPKPM FKIP UNS bertindak sebagai pembicara pertama. Beliau menyampaikan materi kepenulisan meliputi motivasi menulis dan jenis-jenis karya tulis. Pembicara kedua diisi oleh saudara Hasan Zainnuri, S.Pd. beliau merupakan mahasiswa berprestasi 2009 dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pemateri kedua ini menyampaikan materi tentang kebahasaan. Meliputi motivasi dan keuntungan menguasai bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Pemateri yang terakhir, yaitu pemateri ketiga merupakan mahasiswa asing yang kuliah di UNS. Beliau bernama Serdar Shaparov, seseorang yang berkewarganegaraan Turkmenistan. Pada materi ini peserta lebih ditekankan ke talkshow.

Kegiatan pembukaan ini direncanakan dimulai pukul 07.30 WIB. Namun, karena beberapa hal, acara baru bisa dimulai sekitar pukul 8 pagi.  Walaupun begitu, peserta tetap bersemangat. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan mereka dalam menyampaikan pertanyaan kepada para pemateri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>