HEMAT YUUUK….^^

Dan berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan, dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya. (Q.S Al- Isra’:26-27)

PLAAK!!! Rasanya seperti ditampar dari langit saat membaca ayat itu. Tuhan Semesta Alam sudah memerintahkan kita untuk memberikan sebagian harta kita untuk orang lain dan melarang kita untuk berlaku boros,tetapi masih sulit rasanya untuk berhemat, terutama saat tanggal muda seperti sekarang, uang  di tangan cukup banyak, dan pada akhirnya habis tanpa bekas.

Hmmmm….lalu bagaimana agar dapat hidup hemat ya???ngga mau ah,, sodaraan sama setan…. T_T

Nah, berikut ini ada beberapa tips buat kamu supaya bisa lebih berhemat dalam membelanjakan uang, cobalah untuk:

  • Buat anggaran

Mari merencanakan keuangan kita dengan membuat anggaran. Berapa sumberdaya yang kita punya dan natinya akan kita gunakan untuk apa saja. Anggaran ini bukan hanya sekedar dibuat tapi harus diaplikasikan juga.

  • Mencatat pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran penting yang nantinya  akan digunakan untuk mengevaluasi penggunaan harta kita. Sudah sesuai rencana atau malah boros dalam hal-hal tertentu.

  • Hindari belanja yang tidak perlu

Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jika tidak benar-benar butuh, sebaiknya tidak perlu beli. Bisa saja keinginan itu muncul karena dorongan nafsu.

  • Hemat di pos-pos yang mungkin

Ini hendaknya dipikirkan sejak awal, sejak mulai  mmembuat anggaran. Misalnya saja dengan menghindari barang  bermerek. Jika ada barang dengan kualitas dan  fungsi yang sama tetapi dengan harga yang lebih “membumi”,  kenapa kita harus memiliih yang harganya “melangit”??

Nah…itu tadi beberpa tips yang bisa kita aplikasikan agar kita bisa lebih berhemat, tapi ada satu yang perlu diingat, biar pun hemat, kita tidak boleh lupa untuk berbagi. Berbagi atau beramal tidak  akan membuat kita jatuh miskin. Tetap berbagi walau dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Ingat, hemat bukan berarti  pelit.^^

Semoga bermanfaat kawan…(terutama bagi penulis sendiri..hehe..^^)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>