INTERNATIONAL GATHERING EDUCATION FAIR LSP 2013

International  Gathering merupakan salah satu acara besar dalam rangkaian acara  Education Fair LSP 2013 yang dilaksanakan di Auditorium UNS pada tanggal 27 Oktober 2013. Pada International Gathering tahun ini, LSP mengundang Duta Besar Finlandia, Mr. Kai Sauer dan  Prof. Dr. rer.nat.Sajidan,M.Si.  Tema kegiatan ini adalah  strategi pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Acara ini dihadiri oleh sekitar 549 peserta. Peserta kegiatan ini antara lain mahasiswa sarjana, magister, dosen berasal dari UNS,  UNY, UNNES, UMS, IAIN, UNIBA, UGM, IKIP PGRI Semarang, IKIP PGRI Madiun, UAD, UNDIP, dan ITS,  guru-guru yang berasal dari sekolah formal dan non formal dan masyarakat umum lainnya.

Acara International Gathering dimulai pukul 08.30 WIB, dibuka oleh Anis Kumalasari dan Umi Khoeriyah sebagai Master of Ceremonial (MC).  Kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan-sambutan. Sambutan disampaikan oleh Teguh Widiyanto sebagai ketua panitia Education Fair 2013 dan Prof.Dr. M Furqon Hidayatullah, Dekan FKIP UNS.  Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan penampilan salah satu tari tradisional Jawa Tengah, yaitu Tari Gambyong.

Acara inti dimulai dengan dipandu oleh seorang moderator yaitu dr. Muchtar Hanafi. Materi pertama disampaikan oleh Prof.Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si. Beliau menyampaikan materi tentang implementasi kurikulum 2013 sebagai upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045. Kurikulum merupakan suatu penentu keberhasilan pendidikan, sehingga untuk mencapai upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui pendidikan dilakukan mulai dari dasarnya, yaitu implementasi kurikulum dengan semaksimal mungkin. Setelah 45 menit menyampaikan materi, diadakan sesi tanya jawab.

IMG_1844

Pukul 10.40 WIB, Mr Kai Sauer, tiba di Auditorium UNS.  Beliau menyampaikan materi tentang pendidikan di Finlandia dan faktor-faktor yang menyebabkan Finlandia menjadi negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Seperti pada sesi pertama, sesi kedua ini diakhiri dengan tanya jawab dengan peserta. Sebagian besar peserta menyampaikan pertanyaan dalam bahasa inggris.

IMG_1902

Setelah penyampaian materi dan tanya jawab dengan kedua pembicara, acara selanjutnya adalah pengumuman  lomba karya tulis ilmiah, essay dan speech contest. Kemudian setelah itu penampilan drama pantomim oleh wiswokarman. Kemudian diakhiri acara penutupan dan sesi foto-foto peserta International Gathering. Beberapa komentar dari peserta International Gathering sangat mengapresiasi program ini dan mereka berharap akan diadakan kegiatan ini di tahun mendantang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>