Live Report: English Speech Contest

Here are, the greatest event :)
Final Performance of English Speech Contest LSP FKIP UNS 2012, with the motion “Students Roles in Creating Profesional and Contributive Education”
Acara dimulai dengan melakukan registrasi ulang. Peserta diminta untuk presensi dan mengambil cocard tanda nomor urut tampil pidato. Setelah semua peserta terkondisikan, acara dipandu oleh MC (Master of Ceremony) dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Haifah Lya Ashali dan Umi Khoeriyah, sebagai pemandu acara membuka kontes pidato dan dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh ketua panitia Education Fair 2012, Abdul Aziz, dengan memaparkan latar belakang diadakannya acara ini bagi mahasiswa FKIP serta berterimakasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan speech contest ini. Sambutan kedua oleh Direktur Utama LSP FKIP UNS yang diwakilkan oleh Dewanto Kamas Utomo, menyampaikan urgensi mahasiswa, khususnya calon guru untuk senantiasa meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi terkait bidang ilmu maupun kompetensi sosial seperti komunikasi dengan bahasa asing, sebagai salah satu cara mewujudkan profesionalisme pendidikan Indonesia.

Babak Penyisihan

Babak pertama dalam Speech contest, peserta menyampaikan pidatonya, dengan tema besar Students Role in Creating Professional and Contributive Education selama maksimal tujuh menit. Juri yang menilai ada tiga orang, yaitu Evi Baiturrohmah, Vista Sandy, dan Nia Annisa yang merupakan mahasiswa angkatan atas yang sudah sangat berpengalaman dalam kompetisi bahasa Inggris seperti speech, debat dan kritisasi karya sastra. Penilaian juri didasarkan pada tiga kriteria pokok, yaitu dari segi konten atau isi materi pidato, penyampaian & penampilan, dan dari segi penggunaan bahasa Inggris yang baik dan benar. Peserta terlihat sangat bersemangat mengutarakan ide, gagasan dan solusi terkait permasalahan pendidikan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Ada yang menyoroti peran mahasiswa yang sangat krusial, karena mahasiswa adalah pemuda, agen perubahan dengan segala kelebihan intelektualnya. Sistem pendidikan yang masih teacher-centered dan national examination-oriented, juga menjadi topik yang menarik untuk dikritisi. Setelah semua peserta maju, dewan juri akan menentukan enam orang yang akan melaju ke babak final.

Babak Final

Enam orang finalis yang lolos adalah Anggi Agustin (PPKN/2012), Anis Kumalasari (P. Bahasa Inggris/2011), Arif Eko Priyo Atmojo (P. Bahasa Inggris/2011), Intan Mahardika (P. Bahasa Inggris/2011), Nina Loasana (P. Bahasa Inggris/2009), dan Vivy Z.M (P. Bahasa Inggris/2010). Pada babak ini, ada tema pidato impromptu yaitu “Character Building as The Strategy in Enhanching The Competencies of Teacher To-Be”. Tema ini dipilih karena pembentukan karakter mempunyai peranan yang penting sebagai salah satu kompetensi calon guru. Guru sebagai pendidik, tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga membentuk karakter dan nilai-nilai pada anak didik. Para finalis yang hanya diberi waktu selama 20 menit untuk menyusun pidato ini telah berhasil menawarkan gagasan yang luar biasa. Pembentukan karakter merupakan proses yang sangat panjang dan tidak bisa diperoleh secara instan, oleh karena itu para calon guru harus mengikuti kegiatan-kegiatan yang relevan, seperti berorganisasi. Pada akhir peserta menyampaikan pidatonya, juri memberikan pertanyaan terkait gagasan yang ditawarkan dan secara keseluruhan finalis dapat menanggapi dengan percaya diri serta jawaban yang memuaskan. Hal ini membuktikan bahwa pemikiran yang kritis telah membantu memecahkan masalah pendidikan.

Pada akhir perlombaan, ketiga juri memberikan tanggapan terhadap penampilan semua peserta speech. Juri memberikan komentar terkait penyampaian dan gaya bahasa yang baik, benar dan menarik yang bisa digunakan dalam menyampaikan pidato. Dengan demikian, semua peserta dapat memperbaiki diri untuk selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>