KARISMA BC : “SEMANGAT MENUJU KEBAIKAN”

Karya Nur Fitri Fatimah

TPA ? Tak Putus Asa ? Apa Tempat Pembuagan Air ? Heits… Bukan ! TPA maksudnya itu tuh Taman Pendidikan Al-Qur’an.

INI KISAH KAMI SEMUAAAaaaa……!!

Alkisah di negeri antah berantah – BULU- negeri yang mungil nan indah,inilah kisah yang kan ku urai step by step…one by one..sepindah boko sepindah…Satu per satu..dari lubuk hati yang terdalam menembus jiwa raga hingga memasok semangat yang membara  untuk menulis kisah ini.. SIMAK DENGAN CARA SEKSAMA DAN DALAM TEMPO SELAMBAT-LAMBATNYA….

kcb

Fisrt, did you know about Karisma Bc ?? KARISMA BC adalah kependekan dari “ Kajian Remaja Islam Bulu City”. Awal terbentuk KBC adalah inisiatif dari segelintir personil yang “ SEMANGAT MENUJU KEBAIKAN”. Angan – angan segelintir personil yang membumbung tinggi ke luar angkasa ini, ingin mempersatukan remaja seantero negeri antah berantah agar  bersama–sama satu asa“ SEMANGAT MENUJU KEBAIKAN “GANBATTE KUDASAI !CEMUNGUT  CEMUNGUT… EA..EA.EA!!!

By the way,Sejarah tercetusnya nama KARISMA BC berawal dari voting bersama antara Karisma TB ( Karisma Teenager Bulu ) atau Karisma BC,usut punya usut wal hasil sekitar  1000% memutuskan KARISMA BC.Nama inilah gagah dan tegak berdiri di naungan ibu pertiwi di bawah langit diatas bumi antah berantah menghiasi Masjid Kebanggaan “MASJID AL-BAROKAH”,di masjid inilah KBC nonkrong bertukar pikiran atau sekedar berbagi celotehan,meminta minta ilmu,banyak juga cobaan yang kita hadapi,sampai sampai kita pusing tujuh keliling mencari solusinya,cemoohan,makian,selalu terlontar di berbagai media massa.Senjata yang mampu kita luncurkan hanyalah persatuaan.Walhasil dari masalah itulah,Menjadikan pribadi kami yang semakin kuat dan semakin dewasa. Tebukti  itung punya itung setelah dikalkulasi hingga saat ini KARISMA BC telah ganjil berumur one year dengan semboyan yang mendampingi “ SEMANGAT MENUJU KEBAIKAN “.

JJJ

Masjid Al-Barokah

Disini,Saatnya KBC melemparkan celotehan celotehannya tuk beradu argumen,walau hanya segelintir personil yang hadir tak ada yang mampu menghalangi misi kami untuk mempersiapkan “OUTBOND RAMADHAN CERIA” yang telah kami (read:KBC) gembor-gemborkan 1 minggu sebelum laga berlangsung.Rapat tersendat sesaat karena ada seorang pengurus masjid yang tiba tiba,tanpa dinyana nyana datang dengan suara yang melengking tajam hingga merontokkan konsentrasi kami.. DUARRR..PECAH SEKETIKA LULUH LANTAH J

“Besok sek remaja cowok ngecat masjid ya, ga patut disawang” kata seorang pengurus masjid.

Nggeehhh… “ kata itu terdengar serentak ditelingaaku.

Wah,tak habis pikir,Kami saling memandangi,Kebingungan ga karu karuan mau dibawa kemana outbond kita.Tinggal hitungan jam laga akan dimulai.Bagaimana ?ditunda ga mungkin lagi.Anak anak TPA sudah antusias plus mempersiapkan tim yang solid,valid dan bonafit. Akhirnya dengan kesepakatan bersama.Team remaja cowok tetap bersatu padu mengecat masjid,urusan outbond diserahkan sepenuhnya pada kaum Hawa. Pengalaman pertama dalam sejarah KARISMA BC,Sebuah acara tanpa kehadiran kaum Adam,tapi kami yakin karena kami PEREMPUAN-PEREMPUAN PERKASA.

JJJ

OUTBOND RAMADHAN CERIA

Pagi itu matahari bersinar sangat cerah.Kicauan burung menari-nari di udara menyambut hangatnya mentari.Kami (read:remaja cewek) dengan seragam tangguh setangguh “Siti Khodijah” telah berdiri tegak mensiasati baris demi baris yang tampak di depan mata.Pasukan anak anak TPA telah berbaris panjang, berdiri kokoh laksana tembok besar cina “The Great Wall”.

“Apa kabar hari ini ?? “tanya Kami penuh semangat….

“Alhamdulillah luar biasa. ALLOHU AKBAR ! ” Jawab anak anak kompak ..pak..pak..

Kemudian secara perlahan kami memberi intruksi.Pasukan TPA mendengarkan intruksi dengan cermat,akurat,tajam dan mampu diandalkan.outbond terdiri dari beberapa pos.

Pos 1 àKARET BERJALAN . Pasukan Illahi (read:anak anak tpa) ini lari lari tanpa mengenal lelah,memeras keringat,menguras bak mandi,eh salah,menguras tenaga hingga asupan karbohidrat yang mereka makan pagi hari secara perlahan menunjukkan intensitas yang rendah.Pasukan Ilahi(read:anak anak tpa) mulai mengurangi laju reaksinya untuk menstabilkan nafas yang sudah ngos-ngosan.Inilah bukti semangat mereka untuk menyambut bulan yang penuh barokah,bulan yang mereka rindu rindukan saking rindunya mereka meraung raung nangis memohon pada Alloh SWT supaya dapat dan selalu diberi kesempatan merasakan indahnya bulan ramadhan.GREAT.!!!!!.

Pos II à BALAB KARUNG. Pada pos ini yang dicari-cari hanyalah seonggok KARUNG.Karungg..karung… karung..mana karung ! Kali ini tiap tim harus bekerja sama bahu membahu demi mempertaruhkan hadiah yang telah disiapkan jutaan detik yang laluu.One by one.“Karung-karung” ( read: anak anak TPA) itu berjalan dari tangan mungil ke tangan mungil berikutnya.”Karung-karung” itu sungguh bersemangat,hingga jatuh tersungkur pun karung karung itu bangkitt dari kubur,salah maning,bangkit tuk menggapai jarak finish tuk memperebutkan gelar menjadi SANG PEMENANG.

Pos III à MAKAN TERBANG. Bingung ? Pasti di benak  kalian bayangin burung pipit terbang,mencuri makanan petani,di teriakin heyooo..heyooo.To the point aja “Makan krupuk”.Menyaksikan solah tingkah Para Pasukan Illahi (read: anak anak tpa) yang innocent ,Sontak saja gelak tawa Sang Pejuang Peradapan kaum Hawa (read: KBC CEW) memecah kehampaan,gara gara mencermati mulut-mulut para personil pejuang illahi yang menganga bak lubang buaya mencari mangsa.

Pos IV à WATER TARGET. Tibalah saatnya dilaga pamungkas, Air yang tak berdosa dipenjarakan dalam kantong plastik,tak hanya itu tragisnya air air yang telah dipenjarakan dalam kantong plastik masih digantung gelantungan TRAGISS…Karena iba dengan keadaan air yang sangat memprihatinkan, Pasukan Illahi( read: anak anak TPA) dengan cepat memukul mukul hingga air air itu lepas dari jeruji tahanan. BYURRRRRRRRRRR… teriak air air itu..

JJJ

Menjelang Buka Puasa,aku dan teman teman remaja masjid tak ketinggalan si unyu unyu anak TPA mengadakan buka bersama.Hidangan buka puasa sangat variatif.Ada merah,hijau, kuning pun belang belang,sambil menunggu kumandang adzan kami mengatur posisi duduk yang ternyaman,anak anak sudah tak sabar wajahnya laksana harimau yang mau menerkam mangsa.

“ALLOHU AKBAR …. ALLOHU AKBAR… “

Tak lupa baca doa berbuka puasa.setelah baca doa..Semua tangan sudah lengkap di senjatai.. saatnya SERBUUUUUUU!!dalam hitungan menit hidangan buka puasa telah raib digondhol anak anak tpa pun kami ( KARISMA BC… ) inilah kebersamaan yang selalu kurindu ingin rasanya bulan ramadhan terus gek tiap hari buka bersama..

JJJ

MENYONGSONG HARI KEMENANGAN

Masih berkutat pada dunia TPA,kali ini ga bakal ngomongi buka puasa apalagi makanan,yang ini jelas beda dari soal makan memakan (emangnya rantai makanan ). INDONESIA  MENCARI BAKAT. Eh salah eeeemmm.. TPA MENCARI BAKAT.Acara ini dapat disaksikan langsung  melalui stasiun TV kesayangan anda..BULU TV disponsori langsung oleh Karang Taruna Mustika Jaya Foundation.Juri yang diundang didatangkan lansung dari 5 Negara .Siapa dia??

Dari Inggris à Ipeh …. Dari New Yorkà Cemmpluk….Dari Korea àKim Yudi Sung

Dari IndonesiaàBunda Tikem.. Dari Afrika Selatan àSamina mina ee.. waka waka ee Ompleh…

Setelah juri juri duduk dalam singgahsana.Peserta siap siap untuk cek sound,tinggal pilih,ada hafalan surat pendek,hafalan hadits,hafalan doa doa,yang paling digandrungi ialah PIDATO.Disinilah atmosfer ukhuwah sangat terasa mencekam,saling berbagi ilmu,nasehat menasehati,semua terasa indah …Dalam Dekapan Ukhuwah…

Dalam dekapan ukhuwah, kita mengambil cinta dari langit. Lalu menebarkannya di bumi.Sungguh di surga, menara-menara cahaya menjulang untuk hati yang saling mencinta. Mari membangunnya dari sini,Dalam dekapan ukhuwah….

(Salim A. Fillah- Dalam Dekapan Ukhuwah)

Sahabat,Sedikit coretan diatas  mewakili jiwaku yang  terdalam karena bersama kalian hidupku lebih berwarna..Merah..Kuning..Hijau…dilangit yang biru,apapun gundah gulana yang kurasakan mendadak berubah mencair,meleleh,mendidih dan MELEDAK  menjadi tawa yang cetar membahana..dari situlah aku semakin semangat menyambut bening embun di pagi hari..merasakan hangatnya sinar mentari dan semakin mantap menatap indahnya bintang di malam hari.Ku mohon kelak jika aku telah pergi , Hanya selempang pesan yang mampu kuberikan, selamat berjuang kawan..berpegang erat kitab Al-Qur’an,Sunnah Rosul jadikan panduan, Pandang lurus jalan di hadapan.Disini (KARISMA BC) kita pertama berjumpa,disini pula kita berbagi cerita tentang sepenggal kehidupan di sebuah desa,memulung ridho Robbi tercinta.Harapannya semua perjuangan ini tak berhenti sampai disini dan terus berlanjut hingga saatnya PULANG…

Yang paling KUAT yang MENANG

Api itu kuat,tetapi air mampu memadamkannya

Air itu kuat, tetapi matahari bisa mengalahkannya

Matahari itu kuat, tetapi awan bisa menghalanginya

Awan itukuat, tetapi angin mampu memindahkannya

Angin itu kuat, tetapi manusia mampu menahannya

Manusia itu kuat, tetapi ketakutan bisa melemahkannya

Ketakutan itu kuat, tetapi tidur bisa mengatasinya

Tidur itu kuat, tetapi mati ternyata lebih kuat

Yang terkuat adalah Kebaikan,ia takkan hilang setelah mati (-The Way to Win_)

SEMANGAT MENUJU KEBAIKAN 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>