LSF (LSP Scientific Forum) Part 3

“GURU SADAR ATAU GURU NYASAR”

Salam Akademis..!!!

Pagi sahabat, jumpa lagi bersama kami LSP (Lingkar Studi Pendidikan), sebuah lembaga keilmiahan di FKIP UNS yang senantiasa dengan ikhlas berbagi ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Pada kesempatan kali ini, LSP menghadirkan sebuah kegiatan yang bernama LSF (LSP Scientific Forum) atau bisa dikatakan sebagai wadah diskusinya para mahasiswa. Ini merupakan LSF yang ketiga setelah beberapa waktu yang lalu kami telah mengadakan LSF part 1 dan 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 05 November 2014 di depan Stadion UNS. Tema kegiatan pada LSF kali ini yaitu, “Guru Sadar atau Guru Nyasar”.

Diskusi ini dihadiri oleh 20 peserta yang terdiri dari perwakilan HMP, HMJ, UKM serta mahasiswa umum FKIP UNS. LSP mengangkat tema diskusi tersebut untuk mengetahui  apakah para mahasiswa FKIP yang hadir dalam diskusi tersebut memiliki niat tulus menjadi guru atau hanya karena suatu keterpaksaan saja. Dalam diskusi ini kami menghadirkan pemateri yang sangat luar biasa yaitu Amin Marlinda, seorang mahasiswi PGSD FKIP UNS 2010. Mahasiswa yang familiar dengan sebutan “Mbak Linda” ini merupakan Mawapres FKIP 2013 dan menjadi runner up mahasiswa sebagai cerminan guru teladan tingkat nasional.

Diskusi dan sharing ini dilakukan oleh setiap peserta yang hadir dan kemudian ditanggapi dan diberi solusi yang tepat oleh pembicara. Terdapat beberapa mahasiswa yang masih kurang mengetahui pentingnya menjadi guru. Padahal guru selain sebuah profesi yang dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, juga merupakan sebuah simbol kebanggaan di kehidupan ini. Hasil diskusi ini yaitu mahasiswa FKIP harus berusaha meluruskan niat untuk menjadi guru yang tulus, karena guru merupakan pembina bagi anak bangsa yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia ini. Satu hal yang harus ditekankan, “Menjadi guru untuk apa?”, maka kita akan sama-sama menjawab “menjadi guru ialah untuk investasi Indonesia”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>