LSP Academy Part 3 Multi Language and Culture (MLC) “Be Confident and Let’s Speak Up”

LSP Academy part 3 menyajikan materi Multi Language and Culture (MLC) dengan tema “Be Confident and Let’s Speak Up” pada hari Jumat, 23 Mei 2014 pukul 16.30 WIB di Aula lantai 2 UKM FKIP UNS. Acara ini dibuka oleh MC yaitu Achmad Fajar Malik, kemudian sambutan oleh ketua umum LSP FKIP UNS 2014 yaitu Teguh Widiyanto, dilanjutkan materi tentang Teknik Presentasi Bahasa Inggris oleh Anis Kumalasari. MLC merupakan wadah bagi Anggota LSP FKIP UNS 2014 untuk mengeksplore kemampuan mereka mengenai kebahasaan dan kebudayaan. Bahasa dan budaya yang akan dipelajari pada MLC yaitu Inggris, Jepang, dan Korea. Sesi MLC kali ini yaitu bahasa inggris. Setelah paparan materi, selanjutnya masing-masing kelompok dari Anggota LSP FKIP UNS 2014 berkesempatan mempresentasikan tulisan mereka yang berupa fiksi maupun non fiksi.

Presentasi pertama dibawakan oleh kelompok 1 yang dihadiri oleh Muhammad Salafudin Bukhori, Leny Yuliatun, Cos Ma’arif H, Tatiek Kurniawati, dan Tri Trisnaningsih.Dengan lancarnya mereka membawakan presentasi dengan bahasa inggris, mereka menyajikan materi tentang pentingnya bahasa Jawa untuk dipelajari. Kenapa?walaupun era globalisasi sudah menggerus semua bidang kehidupan, namun kita tidak boleh melupakan jati diri bangsa, salah satunya bahasa Jawa. Sebagai mahasiswa FKIP UNS seharusnya kita bisa ikut berperan aktif dalam mengangkat citra bahasa jawa melalui inovasi media pembelajaran, misalnya ular tangga yang dimodifikasi dan diintergrasikan dengan pelajaran bahasa Jawa.

Presentasi kedua dibawakan oleh kelompok 2 yang dihadiri oleh  Desy Yanti Cobena, Riyadi Muslim, dan Mutiara Ramadhan. Tidak kalah dengan kelompok 1, kelompok 2 juga memberiakn presentasi terbaiknya dengan bahasa inggris. Pada tulisan kelompok 2, mereka memberikan solusi mengenai tukang becak di Indonesia yang kurang diminati oleh pelanggan dan cenderung mendapatkan penghasilan yang relatif sedikit. Kebanyakan orang di Kota Solo lebih memilih transportasi yang bisa mnegantarkan mereka ke tempat tujuan dengan cepat, misalnya sepeda motor, mobil, ataupun kendaraan umum seperti Batik Solo Trans (BST). Tidak ada pilihan naik becak untuk pelanggan. Solusi yang diberikan yaitu becak dijadikan transportasi rekreasi dengan desain yang unik dan atraktif, becak rekreasi ini dapat mengantar para wisatawan untuk berkeliling menikmati kota budaya ini dengan semilir angina yang sejuk dan tempat yang nyaman. Diharapkan dengan solusi ini tukang becak bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Presentasi ketiga dibawakan oleh kelompok 3 yang dihadiri oleh Yusac Ismail, Nuronia Cahyaningtyas dan Mesiyar. Kelompok 3 mempresentasikan karya non fiksi dengan bahasa inggris yang berjudul “Untukmu Ku Persembahkan yang Terbaik”, menceritakan seorang anak kelas V SD yang ingin seklai menjadi pengibar bendera saat upacara. Namun dia malu karena sepatu yang dia pakai sudah jebol dan jelek. Kemudian dia bercerita kepada orangtuanya kalau dia ingin menjadi pengibar bendera tetapi dia malu karena  sepatunya jebol. Orangtuanya menceritakan hal yang yang dialami anaknya kepada salah seorang guru di sekolahnya. Akhirnya mendengar cerita itu, sang gurupun membelikan sepatu baru untuk anak itu. Pada hari senin berikutnya, sang anak dengan percaya diri menjadi pengibar Sang Merah Putih dihadapan para guru dan teman-temanya. Diapun berkata  “Untukmu Ku Persembahkan yang Terbaik Indonesiaku”

Acara LSP Academy part 3 ini keren dan seru, rugi deh bagi yang ga datang. Kami bangga punya adek-adek yang berani, luar biasa, mau belajar dan selalu optimis seperti kalian. Kalianlah yang akan menjadi penerus kami kelak  sang pengurus. Teruslah bersama kami mewarnai LSP dengan karya dan kontribusi terbaik kalian.

Terimaksih adek-adeku :)

Semangat, Sukses dan Optimis !!!

Salam Akademis!!!

DSCF2366

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>