LSP Berjaya di Ajang Kompetisi LKTI FSLDKD IX Se-Solo Raya

cropped-fsldk.jpgBulan lalu, tepatnya 26 April 2015 telah diselenggarkan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa FSLDKD IX Se-Solo Raya. Lomba yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Daerah Solo Raya tersebut mengangkat tema “Peran Pemuda Muslim Membangun Peradaban Indonesia yang Cerdas dan Bermoral”. Pada lomba KTI tersebut, terdapat tiga pengurus LSP dari Departemen Keilmiahan yang bergabung dalam satu tim, mereka adalah Putri Setyaningtyas, M. Faisal, Yahya Dwi Putra Nugraha.

Dalam Karya Tulis tersebut, mereka mengangkat sub tema Pendidikan. Dari beberapa yang telah mereka diskusikan, akhirnya terselesaikanlah karya tulis ilmiah yang berjudul “RAKERNAS (Rumah Kreasi Anak Cerdas): Tempat Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Permainan Anak Sebagai Solusi Mencegah Degradasi Moral”. Mereka mengambil topik itu karena bercermin sebuah permasalahan pada generasi penerus bangsa yang saat ini mengalami degradasi moral. Dalam wawancara tersebut, Putri  mengungkapkan bahwa “Seperti yang dilaporkan oleh Komisi Perlindungan Anak (KPA) mengungkapkan 97% remaja pernah menonton atau mengakses pornografi. Sebanyak 62,7% remaja pernah melakukan hubungan badan. Kondisi seperti ini jika terus dibiarkan tanpa adanya penanganan khusus pada akhirnya akan menghancurkan negara ini. Sehingga pemerintah memprioritaskan pembangunan karakter bangsa. Jadi tim kami menggagas perlunya sebuah wadah dalam pembentukkan karakter, salah satunya melalui pembangunan RAKERNAS.”

Pada tanggal 18 April 2015 tim mereka pun masuk lima besar finalis yang berhak mempresentasikan Karya Tulisnya di Universitas Sahid Surakarta. “Alhamdulillah bisa menjawab beberapa pertanyaan dari para juri dengan lancar, meski ada beberapa yang kami belum bisa menjelaskan secara sistematis bagaimana program RAKERNAS dijalankan nantinya” ungkapnya.

Lomba yang diadakan oleh FSLDKD ini diikuti sejumlah acara lainnya, salah satunya Seminar Entrepreneurship pada tanggal 26 April 2016 di selenggarakan di Universitas Widya Dharma Klaten. Pada akhir seminar tersebut diumumkan pemenang LKTI yang minggu lalu telah mempresentasikan karyanya. Perjuangan mereka pun telah terjawab tim Putri Setyaningtyas mendapatkan Juara II LKTI Mahasiswa FSLDKD IX Se-Solo Raya. Kini dapat menambah poin prestasi untuk LSP FKIP UNS dan menginspirasi teman-teman untuk berkarya. Saatnya berkontribusi untuk negeri.. J

LSP 2015! Kreatif dan Inovatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>