LSP Visit to FORCES, IPB

Pada hari Jum’at, 17 Januari 2014, peserta LSP Visit 2014 melaksanakan perjalanan menuju Kota Hujan.    Sebuah bis eksekutif, Subur Jaya, membawa rombongan berangkat dari Solo pukul 14.00 WIB.  Setelah sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia LSP Visit 2014 Akbar R.M, seluruh peserta melakukan perkenalan satu per satu.

Hujan tak hentinya menemani perjalanan kami menuju ke Bogor. Akan tetapi cuaca tidak menyurutkan semangat kami untuk melakukan kunjungan ke lembaga keilmiahan Forum for Scientific Studies (FORCES), IPB.  Setelah menempuh perjalanan 19 jam, dengan beberapa kali istirahat dan makan, akhirnya kami sampai di kampus hijau Institut Pertanian Bogor (IPB). Sesampainya disana kami disambut ramah oleh para pengurus FORCES IPB.  Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Masjid Al-Hurriyah. Setelah itu kami menuju Gedung Student Center, tempat pelaksanaan agenda kunjungan kami.

Kegiatan studi banding dipandu oleh 2 orang pengurus FORCES yaitu Mbak Elis dan Mbak Asha. Acara demi acara berjalan lancar, mulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, presentasi LSP dan presentasi FORCES, serta tanya jawab. Sebelum acara pada siang hari itu ditutup, dilakukan ice breaking dengan tarian ice breaking khas FORCES. Usai penutup, terdapat sebuah kejadian ganjil antara pengurus LSP dan FORCES. Setelah terjadi ketegangan suasana selama beberapa menit, ternyata kejadian itu adalah bagian dari skenario yang disusun dan disepakati antar kedua belah pihak FORCES dan LSP. Suasana kembali cair setelah sebuah kue ulang tahun masuk, ternyata ini bagian dari rencana ngerjain salah satu pengurus FORCES yang sedang ulang tahun.

Setalah selesai kegiatan kunjungan dan studi bandingnya, kami menunaikan sholat Dzuhur di Masjid Al- Hurriyah. Kemudian dilanjutkan sesi foto-foto di berbagai titik  kampus IPB.ipb2 ipb ipb1
Setelah sesi foto-foto berakhir, perjalanan lanjut ke Kebun Raya Bogor dan Tajur. Masih diselimuti cuaca mendung, kami meninggalkan Kota Bogor setelah makan malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Hujan kembali menemani sepanjang perjalanan pulang kami menuju ke Solo. Berkali-kali kami melihat banjir yang menggenangi pemukiman warga saat perjalanan pulang.  Fenomena tersebut merupakan sebuah cambuk bagi kita untuk senantiasa lebih bersyukur terhadap apa yang kita nikmati saat ini.  LSP Visit kali ini bukan hanya menambah ilmu tentang keilmiahannya atau hanya untuk mengunjungi kampus lain atau bahkan untuk bersenang-senang. Akan tetapi, LSP Visit kali ini menuai banyak hikmah yakni tentang semangat berkarya dan bermanfaat, senantiasa menjaga kekeluargaan dalam sebuah organisasi, melihat realita  kehidupan masyarakat utamanya yang terkena bencana, serta lebih mendewasakan diri dengan kepekaan hati dan pikiran mencermati apa yang kita lihat, dengar dan rasakan, supaya menjadi pribadi yang lebih baik.

Salam Akademis… !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>