OASIS # 3 : MLC Korean Edition with Shin Hyeonsoo

Jum’at, 15 November 2013, rangkaian agenda OASIS yang ke-3, yaitu “MLC Korean Edition with Shin Hyeonsoo” digelar di Ruang 2204 Gedung E FKIP UNS. Acara MLC (Multi-Language and Culture) kali ini terasa lebih spesial karena LSP mendatangkan Korean Native Speaker, Shin Hyeonsoo sebagai pembicara. Acara yang dihadiri oleh para magangers, anggota, dan pengurus LSP ini dibuka oleh perwakilan PHT, Nuryanto, kemudian dilanjutkan sesi materi seputar kebudayaan Korea yang disampaikan Shin Hyeonsoo selama satu jam.

BeFunky_SAM_2019 - Copy.jpg

Sebelum menyampaikan materi yang bertemakan “Han Styles”, Shin Hyeonsoo menampilkan beberapa video yang mendeskripsikan Korea dengan segenap keindahannya. Han Styles ini meliputi asal-muasal nama “Korea”, rumah adat Korea (Han-ok), makanan (Han-sik), pakaian (Han-bok), bahasa (Han-guel), dan budaya (Han-ryu). Ternyata, kata “Korea” berasal dari salah satu nama dinasti di Korea, yaitu “Goryeo”. Tiga hal yang membuat rumah adat Korea (Han-ok) begitu menarik adalah adanya Han-ji, Ondol, dan Jang-Dok-dae. Han-ji adalah kertas istimewa yang ditempelkan pada pintu dan jendela yang dapat menghangatkan dan menyejukkan ruangan. Ondol adalah penghangat ruangan. Jang-Dok-dae adalah perlengkapan rumah tangga yang berupa wadah, tempayan, atau periuk yang terbuat dari tembikar atau tanah yang sering digunakan untuk pembuatan makanan fermentasi tradisional. Korea memiliki budaya makan yang khas di mana setiap kali makan, setiap orangnya bisa menggunakan minimal lima wadah yang berisi nasi, makanan utama, dan makanan pelengkap, inilah yang disebut Han-sik. Dan yang paling populer di antara kita adalah Han-bok. Yup! Pakaian khas Negeri Gingseng. Bagi pembelajar Bahasa Korea, Han-guel adalah makanan sehari-hari, ups! Tentu saja, lewat Han-guel inilah kita dapat memahami rangkaian huruf-huruf Korea. Dan yang terakhir adalah Han-ryu, segala sesuatu yang sedang membudaya di Korea, seperti K-pop dan operasi plastik.

Usai sesi materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan writing impression. Sesi writing impression mengharuskan para magangers untuk menulis kesan mereka terhadap materi yang baru saja disampaikan. Dari 26 tulisan yang masuk, akan dipilih tiga terbaik yang nantinya akan diposting di web LSP dan akan mendapatkan special reward dari kami.

Ada yang tidak bisa hadir di agenda OASIS#3??? Don’t worry, OASIS masih berlanjut dengan rangkaian acara seru lainnya. So, agendakan untuk hadir di OASIS#4 “Blogging”, Jumat, 22 November 2013 pukul 15.30 WIB. Nantikan jarkom selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>