Untitled Entry - Read Full Article

PENERAPAN E-LEARNING DENGAN INTEGRASI VIDEO CONFERENCE BERBASIS WEB SEBAGAI SOLUSI DISTANCE LEARNING

DALAM UPAYA MENGATASI KESENJANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

(STUDI KASUS DI UNIVERSITAS CENDRAWASIH PAPUA)

ABSTRAK

Dalam survei mutu pendidikan, Indonesia menempati urutan ketiga dari bawah di antara 40 negara lain. Permasalahan utama terletak pada kesempatan mendapatkan hak akses yang tidak merata. Oleh karena itu, digagaskan sistem e-learning dengan integrasi video conference berbasis web sebagai solusi distance learning demi mengatasi kesenjangan pendidikan di Indonesia. Studi kasus dilakukan di area seputar Universitas Cendrawasih Papua sebagai penunjang gagasan ini.

Tujuan pembuatan sistem ini adalah untuk memeratakan kualitas pendidikan di Indonesia, menciptakan media pembelajaran baru untuk mengatasi ketertinggalan pendidikan di daerah luar Jawa, meningkatkan kualitas SDM Indonesia dengan memeratakan kualitas pendidikan di daerah-daerah tertinggal, serta mengoptimalisasi kebutuhan belajar dalam medan distance learning.

Penulisan karya tulis ini dilakukan dengan memakai metode telaah pustaka. Dari studi tersebut, diperoleh informasi tentang sistem pendidikan di Indonesia, data dan manfaat pemerataan pendidikan di Indonesia, konsep implementasi E-Learning dalam dunia pendidikan, aspek yang mempengaruhi perkembangan pendidikan, dan data-data lain yang mendukung.

Teknik implementasi sistem ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit. Selain itu, pada beberapa wilayah di Jayapura akan ditempatkan menara dengan antena omni directoral dan antena directional, sehingga penambahan peserta pembelajaran bisa dilakukan kapanpun dengan menambahkan beberapa perangkat wireless. Sistem ini mampu memeratakan kualitas pendidikan di Indonesia dan mampu menjadi media pembelajaran baru untuk mengatasi ketertinggalan pendidikan di daerah luar Jawa. Dengan adanya penerapan sistem ini, pendidikan di Indonesia diharapkan dapat menjadi lebih maju.

Key word : e-learning, video conference, kesenjangan pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>