Untitled Entry - Read Full Article

PERMAINAN PAIR OF SPIDOL DANCING: PERMAINAN INOVATIF BERBASIS QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA  MENGATASI MATH PHOBIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

ABSTRAK

Math phobia adalah suatu ketakutan yang dialami siswa terhadap matematika, sehingga mereka merasa tidak percaya diri, dan menjadi tidak berminat belajar matematika. Bararah (2010) mengungkapkan bahwa math phobia bisa memicu terjadinya gangguan matematika (mathematics disorder) yaitu kondisi dimana anak memiliki kemampuan matematika di bawah normal berdasarkan usia dan tingkat pendidikannya. Seperti yang dikutip dari Mathgoodies oleh Bararah (2010) beberapa hal yang membuat anak-anak takut dengan pelajaran matematika, yaitu: tidak suka dengan guru yang mengajarnya, misal gurunya suka marah-marah, galak atau memiliki wajah seram sehingga membuat anak-anak menjadi takut dan mengakibatkan dirinya sulit menerima pelajaran; lebih banyak menggunakan angka-angka yang abstrak; anak-anak belum sepenuhnya memahami tujuan mempelajari angka-angka tersebut; terlalu banyak menggunakan rumus sehingga terkadang membuat anak menjadi bingung; anak-anak sering mendengar bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, hal ini akan membuat anak-anak menjadi takut dan tidak tertarik dengan pelajaran tersebut. Pendapat ini didukung oleh Yuniawaty (2007) yang mengatakan bahwa matematika oleh sebagian siswa dianggap sebagai momok.

Untuk mengatasi math phobia guru harus memberikan motivasi, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan membuat lingkungan belajar yang menggairahkan. Sehubungan dengan hal ini, pembelajaran kuantum merupakan pembelajaran yang tepat untuk mengatasi math phobia. Pembelajaran kuantum adalah pembelajaran yang mengorkestrasikan berbagai interaksi menjadi cahaya yang melejitkan prestasi siswa, dengan menyingkirkan hambatan belajar melalui penggunaan cara dan alat yang tepat, sehingga siswa dapat belajar secara mudah dan alami. Namun, pembelajaran kuantum harus diinovasikan dengan permainan agar pembelajarannya lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa.

Permainan Pair of Spidol Dancing adalah permainan inovatif berbasis Quantum Teaching yang dikembangkan penulis melalui kajian pustaka. Permainan ini menggunakan spidol sebagai media yang berbicara untuk menggubah suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan sehingga math phobia teratasi, kesalahan dianggap wajar yang bisa diluruskan dan semua usaha dihargai. Jadi, guru harus selalu mengarahkan dan membantu setiap kesulitan siswa dengan sabar. Dalam pembelajaran, permainan Pair of Spidol Dancing mempunyai empat tahapan yaitu tahap stimulan: tahap pemberian soal yang berhubungan dengan keseharian siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar; tahap presentasi kelas: tahap penyajian materi yang dilakukan guru secara seksama agar siswa memahami materi; tahap latihan soal: tahap latihan untuk memunculkan kepercayaan dirinya tanpa rasa takut dalam mengerjakan soal dengan cara dibimbing dan diarahkan; tahap evaluasi interaktif: tahap memeriksa dan membahas soal yang telah dikerjakan, agar siswa yang tidak maju memberikan kontribusinya. Adapun keunggulan dari permainan Pair of Spidol Dancing berbasis Quantum Teaching adalah menggunakan media yang sederhana yaitu spidol, dan mengatasi math phobia di semua jenjang pendidikan dengan pembelajarannya yang nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>