PRESS RELEASE GO (GRAND OPENING) OASIS (OUTSTANDING SCIENCE STUDENT) LSP 2015

Pada hari Sabtu, 14 November 2015 telah dilaksanakan acara GO (Grand Opening) OASIS (Outstanding Science Stident) 2015 di Aula PLB (Pendidikan Luar Biasa) Kanopi lantai 3 Gedung E FKIP UNS. Kegiatan ini diikuti oleh adik-adik mahasiswa angkatan 2015 yang sebelumnya telah menjadi anggota LSP FKIP UNS melalui open recruitment LSP. Peserta kegiatan ini otomatis telah menjadi magangers LSP. Kegiatan GO OASIS 2015 sendiri mempunyai tujuan untuk mengenalkan LSP (Lingkar Studi Pendidikan) kepada adik-adik magangers.

Sebelum masuk ruangan dan mengikuti acara, panitia GO OASIS 2015 mengarahkan adik-adik calon magangers angkatan 2015 untuk mengisi daftar hadir sesuai nama dan prodi masing-masing,kemudian dipersilakan masuk ke tempat yang telah disediakan.

Setelah masuk ruangan, panitia mengkondisikan peserta Grand Opening OASIS 2015. Sekitar pukul 07.30 WIB, acara dibuka oleh kedua MC, saudara Supriyadi dari Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2014 beserta saudari Aprilia Sekar dari Pendidikan Kimia angkatan 2014. Kedua MC menguapkan salam dan meneriakkan jargon Grand Opening OASIS kali ini, yaitu “GO OASIS 2015, Create your own future”.

Untuk meramaikan acara mengisi waktu luang saat menunggu pembicara datang dan mengisi materi, panitia menyediakan sesi photobooth untuk peserta yang ingin berfoto. Peserta tampak antusias ikut berpartisipasi dalam sesi photobooth dan berfoto ria. Foto diupload di instagram dan ditag ke instagram LSP dengan #oasislsp2015.

Setelah berfoto ria, waktunya sambutan panitia GO OASIS 2015 yang disampaikan oleh saudara Donny Bangkit Ariwibowo mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2014. Setelah sambutan dari panitia, tiba saatnya moderator masuk ruangan, memperkenalkan diri dan menyapa para peserta. Moderator kita kali ini adalah saudara Ahmad Syarif Rifai mahasiswa prodi Pendidikan Kimia angkatan 2014.

Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba, para pembicara telah memasuki ruangan. Moderatorpun memperkenalkan ketiga pembicara kita, pertama adalah mas Prayoga Fazri Pangestika, kedua mas Dhany Pangestu, ketiga mbak Putri Setyaningtyas. Kemudian dimulailah talkshow sesi pertama.

Pembicara pertama, Mas Yoga memberikan materi tentang pengenalan Lingkar Studi Pendidikan (LSP) secara umum, apa itu LSP, serta sejarah singkat berdirinya LSP. Mas Yoga juga menjelaskan bahwa LSP telah mempunyai koneksi/mitra kerjasama, yaitu Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia atau yang sering disebut MITI. Kita dapat mengakses berbagai jurnal nasional maupun jurnal internasional dan mendownloadnya dari MITI dengan mengatasnamakan LSP.

Pembicara kedua, mbak Putri memberikan materi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh magangers di LSP.Terdapat tiga kegiatan untuk peserta magang, yaitu riset, sekolah menulis yang terdiri dari fiksi dan nonfiksi, serta MLC (Multi Language and Culture). Mas Yoga menambahkan bahwa kegiatan LSP tidak hanya kegiatan akademis saja, namun juga ada kegiatan keluar, contohnya mengunjungi desa wisata.

Pembicara ketiga, mas Dhany menyampaikan materi tentang apa saja yang bisa kita dapat di LSP. Di LSP kita dapat belajar tentang kepenulisan, bahasa asing, keorganisasian, tata krama, sopan santun, serta norma-norma kehidupan. Kita dapat belajar dan melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris sehingga berkesempatan mengikuti speech contest. Jika kita mempunyai minat dan passion dalam kepenulisan, kita dapat mengikutkan karya kita pada lomba internasional dengan kata lain kita dapat berjalan-jalan ke luar negeri dengan karya tulis yang kita hasilkan. Contohnya mas Dhany yang berkesempatan untuk mempresentasikan karya tulisnya di Brunei Darussalam dan mbak Putri yang mempresentasikan karya tulisnya di Thailand.

Talkshow sesi pertama telah berakhir, dilanjutkan dengan acara ice breaking untuk menghilangkan kebosanan serta kesepanengan peserta dengan bermain game, apabila terdapat peserta yang salah, maka akan disuruh maju ke depan.

Kemudian lanjut sesi talkshow yang kedua, ketiga pembicara mengupas secara lebih dalam kegiatan LSP yaitu R.A/Riset, Sekolah Menulis, dan MLC. Ketiga pembicara diminta untuk mengungkapkan kesan-kesan mereka di LSP beserta dengan pengalaman mereka selama berkiprah di LSP. Setelah talkshow sesi kedua, diadakan sesi tanya jawab. Pertanyaan pertama datang dari adik Yuni mahasiswi Pendidikan Fisika 2015, menanyakan tentang bagaimana cara menulis karya yang baik dan cara untuk meningkatkan kepercayaan diri tampil berbicara di depan umum. Pertanyaan kedua berasal dari adik Ade mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin 2015, yaitu bagaimana cara mengatur waktu secara bijak jika ingin berkarya sejak semester 1.

Sesi talkshow dan tanya jawab telah berakhir, dilanjutkan dengan penyampaian materi ringan seputar MLC, SekMen, dan R.A oleh panitia. Setelah penyampaian materi ringan berkaitan dengan kegiatan LSP selesai, acara selanjutnya yaitu penutup. Sebelum acara ditutup, panitia membagikan kertas berkaitan dengan data diri dan minat kegiatan LSP kepada peserta untuk diisi dan kemudian diserahkan kepada panitia kembali. Setelah itu, acara resmi ditutup oleh MC pada pukul 11.30 WIB.

Demikian press release ini kami buat berdasarkan acara Grand Opening Outstanding Science Student (OASIS) 2015 yang telah kami laksanakan. Semoga dalam melaksanakan kegiatan serupa maupun kegiatan lain,menjadi semakin baik ke depannya. Dengan adanya kegiatan ini kami mendapatkan pengalaman berharga dan evaluasi terhadap berjalannya kegiatan yang dapat kami jadikan pedoman untuk kegiatan selanjutnya. Terima kasih kepada fakultas FKIP dan seluruh pihak yang membantu terlaksananya kegitan GO OASIS 2015 ini. Terima kasih pula kepada para peserta magangers yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan GO OASIS 2015. Mohon maaf apabila pelaksanaan kegiatan ini belum maksimal.

IMG_3904 - Copy

IMG_3891 - CopyIMG_3875 - CopyIMG_3932 - Copy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>