RANCANG BANGUN MESIN DESTILASI BAHENOL SEBAGAI PENGHASIL BAHAN BAKAR ALTERNATIF

Konsumsi minyak bumi Indonesia mencapai 54% sedangkan bentuk sumber energi lainnya dibawah 30%. Sementara itu harga minyak dunia terus mengalami peningkatan. Fakta itu akan menjadikan Indonesia pengimpor BBM terbesar di Asia. Hal ini menyebabkan pemerintah melakukan pengurangan subsidi agar beban anggaran nasional tetap stabil. Konsekuensinya harga BBM naik, untuk itu pemerintah terus berusaha mencari alternatif lain untuk menghemat pemakaian BBM.

Bioetanol dapat dipergunakan sebagai salah satu energi alternatif pengganti bensin yang ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Bioetanol adalah etanol atau alkohol yang dihasilkan melalui proses fermentasi. Pada umumnya hasil fermentasi berupa bioetanol atau alkohol yang mempunyai kemurnian sekitar 30 – 40% belum dapat diketegorikan sebagai fuel based ethanol. Agar dapat digunakan sebagai bahan bakar maka bioetanol harus memiliki kadar alkohol di atas 99,5 – 100%, sehingga alkohol hasil fermentasi harus melalui proses destilasi.

Untuk meningkatkan kadar alkohol tersebut, penulis memperkenalkan mesin destilasi bahenol dengan prinsip kerja Pressure Swing Distillation (PSD) pada tekanan rendah. PSD dengan tekanan rendah ini bertujuan untuk menggeser titik azeotrop ke kiri sehingga dapat dihasilkan bioetanol murni.

Berdasarkan penulisan karya ilmiah ini diharapkan Indonesia memiliki sumber energi alternatif potensial dan melimpah salah satunya dalam bentuk bioetanol yang dihasilkan melalui mesin destilasi bahenol.

 

Kata kunci : bioetanol, Pressure Swing Distillation, titik azeotrop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>