Street Fotografi

Pernah mendengar istilah street ftografi? Ya, street fotografi adalah salah satu aliran didunia fotografi yang sedang populer saat ini. Street fotografi merupakan jenis fotografi dokumenter yang menghasilkan sebuah objek dalam situasi jujur ditmpat umum. Sebagai contoh di jalan, taman, mall, terminal, dan lainnya. Objek dalam street fotografi tidak hanya fokus pada objek orang saja, tapi juga hal-hal yang kerap ada didalam ruang publik seperti peristiwa, benda-benda, cuaca, bayangan, dsb.

Street fotografi berbeda dengan foto jurnalistik yang hanya fokus untuk mengabadikan momen puncak atau klimaks. Tetapi street fotografi bertujuan untuk merekam kegiatan sehari-hari. Jenis fotografi ini memberikan sebuah gambaran langsung dan jujur dengan kondisi yang ada dalam masyarakat.

Jika menurut sejarah, aliran fotografi ini berawal dari Eropa, saat Eugene Atget mulai mengabadikan suasana jalanan kota Paris sekitar tahun 1890 sampai 1920-an. Saat itu karyanya masih mengambil foto dengan obyek arsitektural dan sedikit menjadikan manusia sebagai obyeknya. Namun mulai awal tahun 1940-an seorang tokoh terkenal mulai memasukkan unsur manusia dan komposisi surealisme dalam foto-fotonya ialah Henri Cartier-Bresson. Fotografer dengan street fotografinya telah memberikan catatan bagus dan terperinci tentang budaya jalanan di Eropa dan Amerika. Sedangkan di Indonesia, aliran ini masih tergolong baru. Street ftografi baru mulai berkembang sekitar tahun 1990-an dan makin populer pada dekade pertama seiring berkembangnya teknologi fotografi digital.

Street ftografi biasnya mengambil obyek diruang publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan. Dimana foto menggambarkan kondisi apa adanya dengan meminimalkan manipulasi obyek. Dalam perkembangannya street fotografi banyak memasukkan unsur humor dan kejutan. Untuk mendapatkan unsur-unsur tersebut dalam suatu foto perlu dicari saat yang paling tepat dengan posisi obyek yang unik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>